Tags

, , , , , , , , , ,

Alat Musik Tradisional

Alat musik tradisional di Indonesia begitu banyak dan beragam, ini merupakan nilai-nilai budaya Indonesia yang begitu tinggi dan tidak dapat dinilai dengan harga berapapun. Tiap-tiap daerah di Indonesia tentu memiliki alat musik khas daerahnya masing-masing dan tentunya berbeda antara satu daerah dengan daerah yang lainnya dan hal ini yang membuat Indonesia semakin kaya dengan budayanya. Dan inilah nama-nama alat musik tradisional asli Indonesia yang seharusnya kamu tahu:

  1. Angklung, alat musik daerah Sunda atau yang kita kenal dengan Jawa Barat ini dimainkan dengan cara digoyangkan. Alat musik yang terbuat dari bambu ini mengelurkan suara yang khas ketika saling berbenturan karena digoyangkan.
  2. Sasando, alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini berasal dari Pulau Rote (Nusa Tenggara Timur). Saat ini alat musik daerah ini semakin dikenal masyarakat internasional karena seringkali dipentaskan dipanggung-panggung internasional.
  3. Tifa, alat musik ini begitu sangat terkenal didaerah-daerah timur Indonesia misalnya saja di Maluku dan Papua. Alat musik yang dibunyikan dengan cara dipukul ini mirip seperti kendang dan sering terlihat dalam acara-acara adat didaerah tersebut.
  4. Kecapi, alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik ini berasal dari Jawa Barat yang juga dikenal dengan istilah Sunda. Meskipun tidak setenar angklung, tetapi alat musik daerah ini sering dimainkan didalam acara-acara besar didaerah tersebut.
  5. Telempong, ini adalah alat musik daerah Minangkabau atau kita mengenalnya dengan nama Sumatera Barat. Alat musik ini bisa kita mainkan dengan cara kita memukulnya, alat ini mirip sekali dengan Bonang yang sudah kita kenal.
  6. Calung, alat musik daerah ini juga berasal dari daerah Sunda atau kita megenalnya dengan Provinsi Jawa Barat. Alat musik yang dimainkan dengan cara digoyangkan ini dimainkan dengan cara digoyangkan, mirip seperti angklung tetapi ukurannya lebih besar.
  7. Tambo, alat musik tradisional asli Indonesia berasal dari Aceh atau Provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Alat ini mirip sekali dengan Bedug yang sudah kita kenal bersama, dimainkan dengan cara dipukulkan degan menggunakan dua buah kayu.
  8. Sampek, ini merupakan alat musik suku Dayak yang berada di Kalimantan, mayoritas berada dipedalaman. Alat ini dimainkan dengan cara dipetik seperti layaknya bermain gitar, tentunya kamu semua sudah bisa membayangkannya.
  9. Lado-lado, alat musik daerah yang dimainkan dengan cara digesek ini berasal dari daerah Sulawesi Tenggara. Bentuknya mirip sekali dengan alat musik harpa namun dimainkannya dengan cara digesek layaknya kita bermain sebuah biola.

Nah itulah dia berbagai macam alat musik tradisional asli Indonesia yang sudah seharusnya kita ketahui bersama. Tulisan ini hanya memuat sembilan alat musik daerah saja yang bisa dikatakan paling dikenal masyarakat, namun sebenarnya ada banyak sekali dari berbagai daerah di Indonesia. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua dan terima kasih banyak atas kunjungannya.

Advertisements