Tags

, , , , , , , , ,

IndonesiaTentunya kamu pernah belajar geografi disekolah bukan? tentunya juga tidak asing lagi dengan istilah atau kata-kata letak geografis, letak astronomis dan letak geologis, bukan begitu? Ini merupakan hal yang sering ditanyakan dan juga dipelajari didalam kelas ketika sedang belajar ilmu pengetahuan sosial atau geografi. Untuk lebih jelasnya mari kita belajar mengenai letak geografis, letak astronomis dan letak geologis Indonesia.

Letak Astronomis Indonesia

Ketahuilah bahwa letak astronomis adalah letak suatu tempat berdasarkan garis lintang dan garis bujurnya. Untuk negara Indonesia sendiri terletak diantara 6 derajat lintang utara sampai 11 derajat lintang selatan dan 95 derajat bujur timur sampai 141 derajat bujur timur (dari Sabang sampai Merauke dari Miangas hingga Pulau Rote).

Letak astronomi Indonesia yang seperti disebutkan diatas membuat Indonesia beriklim tropis, hal ini dapat dibuktikan dari terdapatnya sinar matahari sepanjang tahun di Indonesia. Salah satu keunggulan negara yang berada didaerah tropis adalah alamnya yang begitu luar biasa, dengan keindahan dan keanekaragaman hayatinya.

Letak Geografis Indonesia

Letak geografis itu sendiri didefinisikan sebagai letak suatu tempat (dalam hal ini adalah negara) berdasarkan posisi nyata didunia dibandingkan dengan posisi tempat (daerah) lainnya. Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Australia dan juga dua samudera yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.

Letak Geografis Indonesia yang seperti disebutkan diatas merupakan sebuah keuntungan bagi Indonesia, hal ini karena Indonesia berada ditengah-tengah jalur perdagangan dunia internasional, Kalau ini dimanfaatkan secara optimal tentu ini akan membuat pemasukan yang besar untuk bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Letak Geologi Indonesia

Pengertian dari letak geologis adalah letak suatu wilayah dengan melihat keadaan geologisnya, dan berdasarkan letak geologisnya Indonesia dibagi menjadi tiga daerah yang besar yaitu Daerah Dangkalan Sunda, Daerah Dangkalan Sahul, dan Daerah yang berada diantara Daerah Dangkalan Sunda dan Daerah Dangkalan Sahul.

Letak geologis Indonesia seperti yang telah disebutkan sebelumnya ini berdampak kepada kepulauan Indonesia menjadi banyak memiliki gunung api, laut dibagian Dangkalan Sunda dan Sahul dangkal sedangkan dibagian tengah Indonesia lautnya dalam, Indonesia memiliki banyak barang tambang, dan lain sebagainya.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai letak geografis, letak astronomis dan letak geografis dari negara kita tercinta Indonesia. Semoga tulisan yang ringkas ini bisa memberikan pengetahuan dan juga manfaat kepada para pembaca sekalian.

Advertisements