Tags

, , , ,

Hutan IndahGambar diatas merupakan contoh gambar hutan yang begitu indah, hutan yang masih lebat dengan tumbuh-tumbuhan serta aliran sungai yang jernih. Tentu kita mendambakan setiap hutan yang seperti itu, hutan yang lebat, rindang, dan indah. Namun sayangnya hampir setiap hari kita dikabarkan lewat berita bahwa kerusakan hutan semakin lama semakin bertambah. Untuk itu sudah menjadi kewajiban kita semua untuk menjaga, mencintai dan melestarikan lingkungan kita semua, termasuk hutan yang merupakan bagian dari lingkungan yang harus kita jaga dan lestarikan.

Ada banyak bentuk atau cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan disekitar kita, salah satunya adalah dengan pantun lingkungan. Mengapa demikian? Ya, karena secara sadar maupun tidak pantun lingkungan bersisikan bait-bait atau syair-syair atau kata-kata yang mengajak kita untuk selalu menjaga dan melestarikan lingkungan. Pantun lingkungan ini bagusnya dijadikan sebagai media publikasi yang dipasang misalnya pada dinding kelas atau pada mading sekolah atau  bisa juga dipasang ditempat umum seperti dijalan raya, alun-alun, taman-taman kota, dll.

Dibawah ini adalah contoh beberapa pantun lingkungan inspiratif yang bisa dijadikan sebagai media publikasi atau sosialisasi untuk gerakan menjaga dan melestarikan lingkungan, langsung saja disimak pantun lingkungan berikut ini:

Kalau Ada Barang Berharga
Jalan Lupa Untuk Membeli
Kalau Bumi Tak Kita Jaga
Maka Kita Yang Akan Rugi

Burung Papua Burung Cendrawasi
Elok Rupanya dan Berwarna Warni
Agar Alam Tetapi Lestari
Janganlah Kita Mengotori

Kalau Makan Harus Dengan Tangan
Tapi Tunggu Dulu Sampai Matang
Mari Kita Lestarikan Lingkungan
Untuk Anak Cucu Kita Mendatang

Nah itulah beberapa contoh pantun lingkungan inspiratif, kamu juga bisa mendapatkan banyak pantun-pantun yang bertemakan lingkungan tersebut didalam internet. Semoga tulisan yang begitu singkat ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan dapat memberikan kesadaran akan pentingnya mencintai dan menjaga lingkungan sekitar kita.

Advertisements