Tags

, , , , ,

Kerusakan HutanTentu kita mengetahui bahwa kerusakan hutan semakin hari semakin parah, tidak hanya di Indonesia melainkan juga dibelahan dunia lainnya. Gambar diatas memperlihatkan kerusakan hutan yang diakibatkan oleh kebakaran hutan yang terjadi di negara Mexico. Kerusakan hutan bisa terjadi karena banyak faktor, mau tahu apa saja faktor-faktornya? Saksikan saja uraian singkatnya mengenai berbagai macam penyebab kerusakan hutan berikut ini:

  • Penebangan Hutan Secara Liar (Illegal Logging)

Penebangan hutan secara liar marak sekali di Indonesia, ini merupakan salah satu faktor terbesar kerusakan hutan yang terjadi di Indonesia. Pada umumnya alasan terjadinya illegal logging hanya satu yaitu faktor ekonomi, masyarakat dipedalaman atau pinggiran hutan sulit untuk mencari pekerjaan (minimnya lapangan kerja didaerah terpencil) sehingga mereka harus melakukannya demi memenuhi kebutuhan hidup diri dan keluarganya.

  • Kebakaran Hutan

Salah satu penyebab terbesar terjadinya kerusakan hutan adalah karena kebakaran hutan. Kebakaran hutan bisa terjadi karena dua kemungkinan yaitu karena ulah manusia seperti membuang puntung rokok atau membakar hutan untuk membuka lahan dan bisa juga karena faktor alam seperti letusan gunung merapi atau aliran lahar dan lain sebagainya. Oleh sebab itu kita harus berhati-hati dalam bertindak jika  berada di hutan.

  • Pembukaan Lahan

Pembukaan lahan baru juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan hutan. Lahan baru dibuka dengan cara dibakar untuk berbagai macam kepentingan seperti untuk pertanian, untuk industri, dan lain sebagainya. Hutan menjadi rusak karena tindakan seperti ini, apalagi kalau dibuka dengan cara dibakal bisa menyebabkan kebakaran hutan. Kalau sudah terjadi kebakaran hutan akan sulit untuk dipadamkan, hutanpun menjadi rusak.

  • Letusan Gunung Berapi

Salah satu faktor alam yang bisa menyebabkan kerusakan hutan adalah terjadinya peristiwa letusan gunung berapi. Memang faktor alam tidak bisa dikendalikan karena ini kehendak Yang Maha Kuasa, tetapi ini bisa diminimalisir dampaknya dengan berbagai macam rekayasa. Untuk itu manusia diharapkan lebih cerdas dalam menyikapi terjadinya berbagai macam bencana termasuk letusan gunung berapi agar kejadiannya bisa diminimalisir.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai berbagai macam penyebab terjadinya kerusakaan hutan yang sering terjadi diwilayah Indonesia bahkan juga diberbagai macam negara didunia ini. Mengingat pentingnya hutan bagi kelangsungan hidup manusia, maka diharapkan peran serta kita dalam menjaga dan melestarikan hutan agar selalu eksis hingga masa-masa mendatang. Semoga tulisan yang ringkas ini bisa bermanfaat untuk kamu semua para pembaca.

Advertisements