Tags

, , , , , ,

Hujan Asam

Hujan asam merupakan salah satu fenomena alam yang terjadi dewasa ini, faktanya kejadian ini terjadi karena ulah manusia juga, menusia mengeluarkan gas-gas yang bisa menyebabkan terjadinya hujan asam baik itu lewat kendaraan bermotor, industri-industri dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui lebih jauh seputar hujan asam, mari simak ulasan berikut mengenai pengertian, penyebab, dan dampak hujan asam.

Pengertian Hujan Asam

Pengertian hujan asam adalah hujan yang memiliki kadar keasaman (pH) yang rendah pada tiap tetesan airnya. Normalnya hujan pada umumnya memiliki pH 5,6 sehingga kita bisa sebut bahwa hujan dengan tingkat pH < 5,6 berarti itu hujan asam. Penelitian terbaru menunjukan bahwa pH hujan telah berubah dari 6 hingga ke 4 dikarenakan banyaknya gas buangan yang menyebabkan terjadinya hujan asam. Gas-gas penyebab hujan asam ini umumnya dihasilkan oleh bencana alam (letusan gunung berapi) dan ulah atau dari tangan manusia (seperti asap kendaraan bermotor dan industri)

Penyebab Terjadinya Hujan Asam

Terjadinya hujan asam tentu bukan tanpa sebab, ada sebab tertentu dibalik itu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa penyebab terbesar terjadinya hujan asam adalah dari bencana alam (letusan gunung berapi) dan ulah tangan manusia (asap kendaraan bermotor dan industri-industri). Untuk itu diperlukan peran aktif semua pihak agar bahaya hujan asam ini bisa segera ditanggulangi misalnya manusia menggunakan alat-alat (mesin atau kendaraan yang ramah lingkungan), pemerintah mensosialisasikan gerakan untuk cinta lingkungan, dan lain sebagainya.

Dampak Hujan Asam

Hujan asam memiliki dampak yang negatif terhadap lingkungan dan kehidupan manusia. Oleh sebab itu kita harus segera berperan aktif dalam menanggulangi terjadinya hujan asam yang berkepanjangan. Dan inilah beberapa dampak hujan asam:

  • Hujan asam mempengaruhi kesehatan manusia, bisa menyababkan panas.
  • Hujan asam dapat merusak dan mengganggu pertumbuhan tanaman.
  • Hujan asam bisa merusak bangunan-bangunan yang ada dibumi (karatan).
  • Hujan asam dapat membunuh berbagai macam organisme air.
  • Hujan asam bisa meningkatkan konsentrasi logam dalam air.

Nah itulah pembahasan singkat mengenai hujan asam termasuk pengertian, penyebab, dan dampaknya yang sangat merugikan kehidupan dimuka bumi ini. Semoga informasi yang tersaji didalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu-kamu semua.

Advertisements